Doa dan Niat Shalat Dhuha

Doa dan Niat Shalat Dhuha

Advertisement
Sholat Sunat Dhuha merupakan salah satu sholat sunat yang di anjurkan bagi setiap muslimin dan muslimat yang dilaksanakan diluar waktu sholat Fardlu yaitu mulai terbitnya matahari hingga sebelum datang waktu dzuhur (terik matahari). Adapun keutamaan waktu Sholat sunat dhuha ini sebaiknya dilaksanakan antara pukul 08.00 sampai dengan 09.00; 


Ada hal menarik dalam pelaksanaan sholat sunat dhuha ini, mengapa sholat sunat dhuha tidak boleh dilaksanakan pas terbit matahari?? Hal ini dikhawatirkan akan menyamai ritual keagamaan kaum majusi yang menganggap bahwa Tuhan itu adalah matahari. Baca jugatata cara sholat dhuha

Kemudian sholat sunat dhuha banyak sekali keutamaan atau fadilah yang ada di dalamnya antara lain :
1. Sebagai amalan sunat yang dianjurkan
2. Dilancarkan jalan rezeki dan usaha
3. Dll

Namun perlu digaris bawahi, bahwa dalam setiap melaksanakan amal ibadah (solat sunat dhuha) diharapkan jangan berharap kepada selain Alloh SWT, misalnya kita melaksanakan solat sunat dhuha karena ingin kaya atau lancar usaha dan sebagainya sehingga hal tersebut dijadikan sebagai prioritas utama, melainkan kita melaksanakan sholat sunat dhuha tersebut hanya atas dasar perintah Alloh swt dan sebagai ibadah.

Sholat Sunat Dhuha dilaksanakan seperti halnya sholat fardlu biasanya (mulai bacaan dan gerakan), yang membedakan antara sholat sunat dhuha dengan sholat yang lainnya adalah dengan niat.
Adapun niat sholat sunat dhuha adalah sebagai berikut :

نويت اصلى صلاة الضحى ركعتينى مستقبل الكعبة سنة لله تعالى

Artinya : “aku berniat melaksanakan sholat duha dua raka’at dengan menghadap ka’bah (kiblat) sunat karena Alloh ta’ala”

Kemudian takbiratul ihram dan seperti halnya kita melaksanakan sholat fardlu, namun pada sholat sunat dhuha ini dilaksanakan hanya dua raka’at untuk setiap salamnya.

Adapun jumlah raka’at sholat dhuha minimal dilaksanakan adalah dua raka’at (satu kali salam), sedangkan maksimal dilaksanakan 12 raka’at (6 kali salam) dan setelah salam dianjurkan untuk membaca do’a sebagai berikut :

اللهم ان الضحاء ضحئك والبهاء بهائك والجمال جمالك والقوة قوتك والقدرة قدرتك والعصمة عصمتك اللهم ان كان رزقي فى السماء فانزله وان كان فى الارض فاخرجه وان كان معسرا فيسره وان كان حراما فطهره وان كان بعيدا فقربه بحق ضحاءك وبهاءك وجمالك وقوتك وقدرتك اتني ما اتيت عبادك الصالحين.

Artinya :
“ Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha ini adalah waktu dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, kekuasaan ini adalah kekuasaan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. Ya Allah jika rizkiku ada di langit, maka turunkanlah, jika ada di bumi, maka keluarkanlah ; jika sulit, maka mudahkanlah; jika haram, maka sucikanlah; dan jika jauh, maka dekatkanlah. Sebab berkah kebenaran waktu dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu, berikanlah aku apa-apa yang telah engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih-shalih”.

Demikianlah artikel tentang Do'a dan niat sholat dhuha ini semoga bias menebar kebaikan bagi setiap yang membacanya, amiiin.

Sumber: http://www.niatsholat.com/



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top