Shalat Witir Beserta Do'anya

Shalat Witir Beserta Do'anya

Advertisement
Cara Sholat Witir, Lengkap Niat dan Doanya - Shalat sunnah witir adalah shalat sunat yang dilaksanakan setelah melakukan sholat Isya baik itu pada awal malam, tengah malam atau akhir malam. Dan sholat sunnah Witir dapat juga dikerjakan secara berjamaah pada akhir bulan suci Ramadhan.


Jika anda sedang di perjalanan dan menjamak taqdim Isya kepada Magrib maka shalat witir boleh dilaksanakan pada waktu magrib setelah sholat Isya, namun sebaiknya shalat witir dilaksanakan sebelum tidur tapi jika dilaksanakan sesudah tidur pun tidak apa-apa. 

Ada hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjelaskan bahwa diutamakan mengerjakan shalat witir di akhir malam jika ia yakin bahwa ia akan terbangun, dan shalat witir lebih utama dikerjakan sebelum tidur bagi orang yang tidak mampu bangun di akhir malam.

Jumlah rakaat shalat witir
Shalat sunnah witir dilaksanakan paling sedikit 1 rakaat dan paling banyak 11 rakaat. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang diriwayatkan oleh Abu Dawud "Barang siapa yang suka mengerjakan shalat witir 5 rakaat, maka Kerjakanlah! atau suka melaksanakan 3 rokaat, maka Kerjakanlah! atau 1 rakaat maka Kerjakanlah!

أبو داود بإسناد صحيح أنه صلى الله عليه وسلم قال من أحب أن يوتر بخمس فليفعل ومن أحب أن يوتر بثلاث فليفعل ومن أحب أن يوتر بواحدة فليفعل 

Sholat witir hampir sama dengan sholat pada umumnya, seperti tahajud, hajat, dll. baca juga tata cara sholat tahajud. perbedaan nya adalah sholat witir yaitu sholat ganjil, mengerjakannya sebagai berikut:

1. Satu Rakaat Saja.
2. Untuk 3 Rakaat, ada dua cara yaitu:
a. 3 Rakaat secara di washol (disambungkan) caranya: Dua kali tasyahud dengan 1 kali salam.
b. 3 Rakaat Secara di pashol (dipisah) caranya: kerjakan dulu 2 rakaat, lalu salam. dan lanjutkan lagi 1 rakaat. (Ini yang paling di anjurkan)
3. Untuk yang 5 rakaat adalah = 4 Rakaat +1.
b. Untuk yang 7 rakaat, caranya adalah= 6 Rakaat + 1.
c. Untuk yang 9 rakaat, caranya adalah= 8 Rakaat +1.
d. Untuk yang 11 rakaat, caranya= 10 Rakaat +1.

Setelah baca surat al-fatihah untuk rakaat pertama yaitu membaca surat Al-A'la rakaat yang kedua membaca Al-Kafirun rakaat yang tiga membaca surat Al-ikhlas.

Sebagaimana Hadits yang diriwayatkan oleh an-nasa'i dan Ibnu Majah. saya bertanya kepada Siti Aisyah radhiyallahu 'anha tentang apa yang dibacakan nabi ketika mengerjakan sholat witir? Siti Aisyah pun menjawab: pada saat mengerjakan shalat witir Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam membaca surat al-A'la pada rakaat pertama dan membaca surat Al-Kafirun pada rakaat kedua dan membaca surat Al-ikhlas pada rakaat ketiga.

Cara Mengerjakan Sholat Witir :
1. Takbr diiringi dengan Niat dalam hati, Untuk 2 Rakaat Pertama: أصلي سنة الوتر ركعتين لله تعالي
    Ushollii Sunnatal Witri Rak'ataini Lillahi Ta'ala
    Niat Untuk 1 Rakaat Terakhir : أصلي سنة الوتر ركعة لله تعالي
    Ushollii Sunnatal Witri Rak'atan Lillahi Ta'ala.
2. Membaca Iftitah, Al-fatihah, dan Membaca surat Al-A'la
3. Ruku'
4. I'tidal
5. Sujud
6. Duduk sebentar
7. Sujud lagi
8. Berdiri, Baca lagi surat Al-fatihah dan lanjutkan dengan membaca surat Al-kafirun. dst.
9. Salam.
10. Berdiri lagi untuk mengerjakan 1 Rakaat terakhir, sama seperti rakaat sebelumnya, namun sesudah membaca Al-fatihah diteruskan dengan membaca surat Al-iklas, bisa ditambah juga dengan surat Al-falaq dan An-nas.
11. Salam.

Doa Sholat Witir.
Setelah mengerjakan sholat witir maka di anjurkan membaca "Subhanal Malikul Qudus" sebanyak 3x. Dan mengeraskan suara pada yang ketiga kalinya. dan bisa juga membaca doa berikut:
Mungkin itu dari saya mengenai Cara Sholat Witir ,semoga bermanfaat.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top